Dapatkan Diskon Hingga 40% OFF untuk Produk Meja Antik * Waktu Terbatas.

Tips Mengenal Furniture Ukiran Jepara Asli

Furniture Ukiran Jepara

Tips Mengenal Furniture Ukiran Jepara Asli

Seperti kita mengetahui, furniture ukiran Jepara cukup populer karena kuwalitasnya yang di atas rata-rata. Furniture ukiran Jepara bukan hanya baik secara kualitas, tetapi mempunyai wujud dan pola ukiran yang unik dan mempunyai nilai seni yang tinggi.

Berbicara masalah furniture Jepara lumayan bagus secara kualitas jadi tidak bingung bila banyak yang ingin mengikutinya. Karena sangat jumlahnya yang mengikuti, umumnya sulit untuk di bedakan yang mana asli Jepara yang mana bukan. Nach, pada artikel ini ariffurniture akan ulas mengenai bagaimana strategi terbaik pilih furniture ukiran Jepara yang asli.

furniture ukir jepara jati
Mebel ukir Jepara yang membuat interior rumah terlihat modern – ariffurniture.com

Bukti Menarik Mengenai Furniture Ukiran Jepara

Ada banyak bukti menarik berkaitan furniture ukiran Jepara yang asli. Nach berikut salah satunya:

1. Furniture ukiran Jepara mempunyai keunikan yang dapat disaksikan pada pola daun Trubusan, yakni di bagian batang lubuk yang keluar cabang atau dari ruasnya.
2. Keunikan lain yakni pola jumbai atau ujung lubuk yang wujud daunnya seperti kipas yang terbuka dan ujung daunnya meruncing, dan ada ukiran buah di antara tiga sampai empat biji yang keluar pangkal daun.
3. Batang lubuknya memutar dengan model memanjang dan menyebar, hingga membuat cabang-cabang kecil yang isi ruangan atau percantik ukiran.
4. Penampilan ukiran Jepara kelihatan lentur dan rapi hingga menarik dan nikmat dipAndang mata.
5. Umumnya ukiran Jepara ini dibikin atau ditangani oleh beberapa perajin professional dengan mekanisme hand made, hingga hasil ukiran benar-benar mendalam dan kelihatan klassik, anggun dan hidup.

Mebel Jepara :   7 Kelebihan Mebel Jepara Kayu Jati dan Model Furnitur
Mebel Jati Jepara
Hasil proses akhir pembuatan mebel jati Jepara yang elegan – ariffurniture.com

Mengenal Furniture Ukiran Jepara yang Asli dengan Kualitas Terbaik

Memang Furniture Jepara populer dengan mutunya yang baik. Tetapi, akan lebih bagus jika Anda ketahui beberapa panduan dalam ketahui kualitas kayu supaya memperoleh Furniture Jati Jepara minimalis yang betul-betul berkualitas tinggi.

1. Serat Kayu

Untuk mengenal mana kayu yang berkualitas bagus atau mungkin tidak dapat dilihat dari serat kayunya. Makin tua usia kayu, akan makin bagus juga kwalitasnya. Disamping itu makin konstan juga penampang papan yang dibuat hingga mengecilkan peluang untuk turun, rengat, atau meliuk.

2. Tipe Kayu Jati Berusia Tua

Untuk ketahui ciri-ciri kayu jati yang berusia tua, dapat disaksikan dari kerapatan seratnya. Bila disaksikan dari potongan kayu sisi atas, akan kelihatan kambium yang membuat seperti cincin-cincin, tetapi bila disaksikan dari samping kerapatan kambium (serat) akan kelihatan padat . Maka, makin dekat serat pada kayu jati karena itu makin tua umurnya.

3. Dibuat Dari Bahan Kayu Jati Kering

Yakinkan material dasar dalam pembikinan mebel jati ialah kayu jati yang telah kering. Karena bila memakai bahan kayu jati yang basah, hasilnya akan gampang berkurang, cepat hancur, dan konstruksinya tidak kuat. Beda hal berbahan kayu jati kering yang tidak berkurang hingga hasilnya bagus.

4. Lihat Dari Lebar Sambungan Kayu

Sama seperti yang telah diterangkan awalnya, kayu jati berusia tua mempunyai penampang kayu yang konstan, menjadi salah satunya langkah membandingkan kualitas furniture Jepara dilihat dari ikatan kayunya. Untuk ketahui ukuran lebar ikatan kayu yang baik, dapat menggunakan 3 referensi tipe grade berikut, yakni:
Grade C : Kualitas standar, di mana minimum lebarnya 15 cm,
Grade B : Satu tingkat lebih baik dibanding grade C, dengan lebar minimum 20 cm
Grade A : Sebagai kualitas terbaik, mempunyai lebar minimum 25 cm.
Pelukisan ukuran di atas semakin lebih gampang jika disaksikan pada daun meja yang lebar, atau lemari, dan semacamnya, bukan kursi yang mempunyai penampang kecil.

Mebel Jepara :   Panduan Memilih dan Langkah Menjaga Model Kursi Tamu Terkini 2021

5. Check Konstruksinya

Dalam tentukan kualitas sebuah mebel ukir Jepara, tentu saja penting untuk menimbang bagaimana konstruksinya, yaitu dengan melihat beberapa bagian sambungannya. Terutamanya untuk kursi, meja. Sia-sia mempunyai bahan kayu yang baik, jika konstruksinya tidak kuat. Agar semakin memberikan keyakinan kembali, sebaiknya Anda memeriksa dengan menggoyang-goyang, melihat, meraba dan memeriksa sisi bawah dan sisi dalamnya.

6. Lihat Hasil Pada akhirnya

Hasil akhir sebagai salah satunya poin utama yang penting Anda lihat, yakni dengan pastikan baik pada permukaan papan atau ukir-pahatannya. Yakinkan hasilnya lembut dan rapi.

Memanglah tidak semua hasil akhirnya kerajinan furniture Jepara asli, harus lembut, karena ada banyak tipe furniture yang malah mempunyai style kelupasan. Umumnya model semacam ini untuk tipe furniture yang menunjukkan segi klasik atau unik.

Tetapi, pada konsepnya tehnik kelupasan yang yang diartikan, memberikan indikasi bentuk seni tertentu yang menunjukkan keelokan, bukan kelupasan sembarangan yang malah kelihatan tidak menarik.

6. Memeriksa Jumlahnya Cacat Alami Pada Kayu

Memeriksa cacat alami pada kayu dapat disaksikan dari jumlahnya ‘mata kayu’, yakni cacat yang berbentuk titik lubang pada permukaan kayu atau sisi tertentu. Cacat fisik ini harus terbatasi sebab bisa memunculkan risiko rengat dan pecah di atas papan. Dalam tentukan cacat pada kayu, Anda dapat mengidentifikasinya berdasar grade kwalitasnya.
Grade A cacat pada kayu terbatasi cuman 5 titik di atas yang lebar seperti daun meja besar.

7. Menyaksikan Penggunaan Hardwarenya

Penggunaan hardware di sini tujuannya ialah piranti penghubung di luar kayu jati, seperti engsel pintu, handle pintu atau laci dan lain-lain. Meskipun hal ini bukanlah salah satunya pemasti kualitas furniture kayu jati, tetapi ini perlu Anda lihat. Sia-sia saja bila kualitas furniture baik tapi piranti lainnya kwalitasnya jelek, karena automatis kontruksi furniture pun tidak kuat.

Mebel Jepara :   Model Mebel Jepara Minimalis untuk Ruang Tamu Paling Recomended

Tipe dan bahan hardware yang dibuat dari Jepara rata-rata dibuat berbahan kuningan, besi, aluminium atau stainless asli, bukan gadungan, yang condong serupa berwarna.
Umumnya untuk bahan kuningan digunakan pada produk furniture unik, dan aluminium dipakai untuk model furniture minimalis, dan bahan stainless digunakan untuk model minimalis yang menggunakan finising tehnik glossy.

Nach, saat ini telah ada gamabaran berkaitan langkah mengenal furniture ukiran jepara asli? Mudah-mudahan pembahasan di atas berguna untuk Anda yang akan beli Furniture Ukiran Jepara. Jika Anda akan mempunyai furniture kayu Jepara.

Share this post